Jumat, 19 Juni 2015

Pengertian Power Supply

Pengertian Power Supply - Power supply adalah alat elektronik yang menyediakan energi listrik untuk kebutuhan listrik. Fungsi utama dari power supply adalah untuk mengkonversi satu bentuk energi elektrik ke dalam bentuk energi listrik lainnya. Power supply sering juga disebut sebagai konversi tenaga listrik. Sebagai contoh barang elektronik yang memakai power supply adalah komputer desktop dan barang elektronik konsumen lainnya.


Setiap power supply harus mendapatkan sebuah energi untuk diisi dan dikeluarkan, dan juga energi untuk melakukan pekerjaannya dari sumber energi. Tergantung dari desainnya, power supply bisa mendapatkan energi dari berbagai jenis sumber energi, termasuk didalamnya yaitu sistem transmisi energi listrik, dari tempat penyimpan energi seperti baterai dan sel minyak, ataupun dari sistem elektromagnetic seperti generator dan altenaor, konversi tenaga solar, dan power supply lainnya.

Baca Juga :
Toko UPS Emerson di Indonesia

Semua power supply mempunyai input power, yang mendapatkan energi dari sumber energi, dan sebuah output power yang mengirimkan energi untuk dikeluarkan. Hampir semua power supply terdiri dari konektor elektikal, tetapi ada beberapa power supply menggunakan transfer energi wireless.

Tipe Power Supply

Power supply memiliki beberapa tipe yaitu :

- DC Power Supply : power supply yang menyediakan voltasi dalam polar yang sudah ditentukan (diantara positif atau negatif) untuk dikeluarkan. Tergantung dari desain power suplly nya, DC power supply bisa memakai sumber energi dari AC.

- AC to DC Supply : beberapa power supply menggunakan sumber energi AC, maka dari itu ada beberapa power supply yang dapat mengkonversi dari sumber energi AC ke dalam energi DC.
Linear Regulator : fungsinya adalah mengkonversi voltasi DC ke dalam konstan, biasanya spesifik.

- AC Power Supplies : biasanya mengambil energi dari kontak di dinding, dan bisa diturunkan voltasinya sesuai keinginan.

- Switched mode Power Supply : mendapat input dari energi AC dan di filtrasi untuk mendapatkan voltasi DC.

- Programmable Power Supply : power supply yang bisa dikontrol melalui input analog atau interface digital contohnya RS232 atau GPIB.

- Uninterruptible Power Supply : adalah power supply yang mengambil sumber dari 2 atau lebih sumber secara terus menerus.

- High Voltage Power Supply : power supply yang menghasilkan voltasi hingga beratus hingga beribu volt.

Demikianlah artikel mengenai power supply yang berjudul “Pengertian Power Supply” yang dapat disampaikan disini. Untuk membeli power supply dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau, langsung saja kunjungi website Ralali. Ralali adalah sebuh toko online yang menjual berbagai alat kebutuhan listrik Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar