Jumat, 10 April 2015

Macam - Macam Jenis Kabel Listrik


Macam - Macam Jenis Kabel Listrik - Kabel listrik merupakan media yang digunakan untuk menyalurkan energi listrik. Di dalam kabel listrik terdiri atas isolator dan konduktor. Isolator merupakan karet atau plastik pembungkus yang terdapat di bagian luar kabel dan konduktor terbuat dari serabut tembaga atau tembaga pejal yang terdapat di bagian dalam kabel. Kemampuan suatu kabel menghantar listrik ditentukan dari luas penampang konduktor yang ada di bagian dalam kabel. 

 
Macam - Macam Jenis Kabel Listrik

Terdapat berbagai jenis kabel listrik yang dipengaruhi kualitasnya.

JENIS-JENIS KABEL LISTRIK

1. Kabel Coaxial

Jenis kabel ini umumnya digunakan pada antena atau pada peralatan elektronik yang membutuhkan transmisi dan kecepatan tinggi seperti pada jaringan Local Area Network (LAN).

2. Kabel NYA

Kode warna kabel ini ada yang berwarna merah, hitam, biru, dan kuning. Biasanya digunakan di perumahan karena harganya relatif murah. Lapisan isolatornya hanya satu lapis sehingga mudah terbuka, tidak tahan dengan air dan mudah digigit tikus. Untuk mengakalinya biasanya kabel dipasang dalam pipa jenis PVC atau saluran tertutup.

3. Kabel NYM

Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi listrik di rumah atau bangunan gedung. Di dalam kabel NYM berinti lebih dari satu dan lapisan isolatornya ada dua berjenis PVC, lapisan isolatornya berwarna putih atau warna abu-abu, lebih aman dari kabel NYA. Bisa digunakan dalam lingkungan yang kering atau basah namun tidak bisa ditanam.

4. Kabel NYY

Jenis kabel ini memiliki lapisan PVC pada isolatornya, biasanya berwarna hitam. Di dalamnya ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY biasa digunakan untuk pemasangan bawah tanah. Lapisan isolator pada kabel ini mengandung bahan yang tidak disukai oleh tikus.


5. Kabel ACSR

Jenis kabel ACSR biasanya digunakan untuk saluran transmisi bertegangan tinggi dan jarak yang cukup jauh hingga ratusan meter.

6. Kabel NYFGbY

Kabel ini merupakan kabel yang berbahan kuat, keras dan lentur. Penggunaannya biasa dipakai untuk di dalam tanah atau wilayah yang memerlukan perlindungan ekstra.

7. Kabel Fiber Optic

Kabel ini terbuat dari bahan kaca atau jenis plastik yang serabutnya sangat tipis dan kecil. Kabel ini berfungsi untuk mentransmisi sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat yang lain. Cahaya yang dihantarkan biasanya laser atau LED (Light Emiting Diode). Karena kecepatan transmisinya sangat tinggi sehingga bagus sekali dimanfaatkan untuk jaringan komunikasi seperti internet.

8. Kabel NYAF

Kabel ini berbahan lentur, biasa digunakan untuk menginstalasi peralatan elektronik dan listrik yang membutuhkan kelenturan tinggi, misalnya untuk penggunaan pada panel kontrol komunikasi, baterai, dan panel transmisi.

Untuk menginstalasi listrik tentunya perlu menentukan kabel listrik jenis apa yang akan sesuai dengan lingkungan dan keperluannya. Selain itu kualitas kabel yang baik juga perlu diperhatikan untuk menjaga keamaan dan keselamatan tempat yang akan dipasangkan aliran listrik. Jika kualitasnya buruk bisa menyebabkan kebakaran atau tersengat aliran listrik. 

Ralali.com menyediakan berbagai jenis kabel listrik dengan tipe kualitas, warna dan panjang kabel yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa merk kabel yang didistribusikan oleh Ralali seperti Eterna, Federal, Jembo, Shinyoku, dan Supreme. Anda bisa mengunjungi Ralali.com untuk melihat jenis kabel listrik yang tersedia lengkap dan berkualitas baik.

Baca artikel lainnya : 

Dan semoga info artikel mengenai Macam - Macam Jenis Kabel Listrik ini dapat memberikan solusi untuk anda yang sedang mencari jenis kabel listrik yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar